Perkembangan Industri Seluler Untuk Pemerataan Kesejahteraan Melalui Industri Kreatif

Perkembangan Industri Seluler Untuk Pemerataan Kesejahteraan Melalui Industri Kreatifoleh : Catur Sugiarto*

Perkembangan Industri Seluler Untuk Pemerataan Kesejahteraan Melalui Industri Kreatif
sumber gambar: dsm-publishing.com
Saya menulis ini dengan penuh semangat setelah dua bulan lalu membaca artikel mengenai plaza pos yang ditulis oleh Menteri BUMN. Plaza Pos akan menjadi tempat berjualan para pedagang di Indonesia. E Comerce bentukan Pos Indonesia ini menjamin keamanan bagi penjual maupun pembeli. Para penjual akan mengirim barang setelah pembeli mentransfer ke Pos Indonesia, lalu Pos Indonesia memberikan uang itu ke penjual setelah barangnya sampai ke pembeli. Wow, bisnis trust ini mirip rekening bersama di kaskus. Namun, berbeda dengan kaskus, Pos Indonesia tidak mengambil keuntungan dari transaksi keuangan melainkan melalui pengiriman barang. Artikel tersebut bisa Anda  baca di sini : bit.ly/plazaposBUMN

Plaza Pos Indonesia akan menjadi bukti besar bahwa para pedagang, UMKM, dan semua sektor industri kreatif akan mudah naik kelas. Mereka akan mudah menemukan pembeli. Jika dulu sektor industri kreatif mati kutu karena bingung menjual, sekarang ada internet yag akan menjual untuk mereka. Banyak kisah sukses menjual dari Internet, misalnya Nicholas Kurniawan yang menjual ikan hias di Kaskus. Melalui jualannya di Kaskus, Nicholas mampu menbayar kuliahnya di Prasetya Mulya Business School dan membeli Mobil Mazda 2 secara kontan. Masih banyak kisah pemuda lainnya yang kreatif dan juga sukses melalui internet, misalnya mereka yang mendirikan BelowCepek.com dan Kampung Merdeka. Internet akan menjadi sarana yang mudah dan menyenangkan bagi pengusaha kreatif yang ingin naik kelas.

Internet mampu menekan biaya iklan. Coba bayangkan jika Anda  mempunyai usaha di tahun 2000, apa yang akan Anda  lakukan untuk memperkenalkan usaha Anda ? Jawabannya bisa jadi beriklan di koran, yellowpages, poster, dan media lain yang memakan biaya besar. Sekarang, kita patut bersyukur karena bisa memperkenalkan usaha kita melalui media sosial seperti facebook, twitter, blackberry messeger, atau whats app yang kesemuanya punya jangkauan luas. Media-media yang saya sebutkan tadi bisa kita peroleh secara gratis ataupun berbayar. Biaya iklan yang rendah dan efektif tentu akan menjadikan usaha kita semakin berkembang bukan?.

Berbisnis di internet bukanlah bisnis set and forget (membuatnya lalu membiarkannya begitu saja), melainkan bisnis set for get ( membuat bisnis untuk mendapatkan uang). Apabila kita memilih terjun untuk menggunakan internet sebagai media bisnis, mau tidak mau kita harus mengetahui update terbaru tentang sarana yang kita pakai. Misalnya begini: dulu kita bisa seenaknya menambah teman facebook  (baik yang kenal ataupun tidak) dengan tujuan menjaring pelanggan, sekarang jika kita melakukan hal itu kita harus siap-siap diblokir oleh facebook. Hal yang sama juga terjadi pada sarana google, cara yang sukses kita pada tahun 2012 bisa saja menjadi cara tercepat untuk hilang dari google pada tahun 2013. Hal seperti ini menjadi konsekuensi yang harus kita jalani sebagai pemilik bisnis online, mau tak mau kita harus mengupdate ilmu melalui forum-forum, grup facebook, twit para master, atau website yang relevan. 
Faktor penting yang menjadi pendukung perkembangan sektor usaha kreatif dalam menjalankan bisnis online adalah Industri seluler. Persaingan antar industri seluler dan kemajuan teknologi akan membuat sektor industri seluler semakin baik dan memanjakan konsumennya. Semakin menurunnya tarif internet, semakin baiknya kecepatan, semakin luasnya jangkauan, dan semakin kayanya fitur yang ditawarkan akan semakin membantu pengusaha yang bergerak di sektor industri kreatif. Misalnya, saat koneksi internet sudah merambah seluruh daerah maka orang Jawa tidak perlu membuat toko di Kalimantan untuk menjual baju kepada orang Kalimantan, ia cukup membuat toko online atau facebook. 

Bisnis oline akan mampu memperluas jangkauan indutri kreatif. Jangkauan pasar yang luas tentu akan menciptakan semakin banyak lapangan kerja baru. Selain itu, ciri bisnis online yang bisa dijalankan dari berbagai tempat juga membantu pemerataan kesejahteraan. Bisnis yang harus terkoneksi dengan internet ini tentu sangat bergantung terhadap perkembangan industri seluler. Jadi bisa dikatakan, perkembangan indutri seluler akan membantu kekreatifan para pebisnis onilne dalam menyebarkan kesejahteraan.

*Catur Sugiarto adalah penulis di dunia-belajar. Selain menulis di dunia-belajar, catur aktif menulis di Masukstan.com, Blogger-Muntok, dan Info Qta.com

2 komentar:

  1. nih gan example e-comerce yang bisa kita sebagai mahasiswa menerapkan :)
    mudah dan terjangkau..
    chek this out => www.kiostiket.com

    BalasHapus
  2. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus