Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik


Mobil listrik merupakan sebuah alat transportasi (mobil) yang menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya. Listrik tersebut dihasilkan dari sebuah baterai atau bisa berupa tempat penyimpan energi yang lain. Mobil listrik sebenarnya telah populer pada akhir abad ke-19 menjelang abad ke-20, tetapi akhirnya kurang diminati, hal ini disebabkan harga mobil bahan bakar yang sudah murah. 

Pada akhirnya dengan memperhatikan lingkungan, mobil listrik dianggap mobil yang cocok untuk masa depan, karena mobil listrik tidak menghasilkan emisi (gas buang) seperti layaknya mobil yang menggunakan bahan bakar. Selain itu, dengan terus melonjaknya harga bahan bakar, mobil listrik ini tidak membuat suatu negara untuk bergantung kepada bahan bakar tersebut.

Kekurangan dari mobil listrik itu sendiri yaitu harganya yang sangat mahal, hal ini berkaitan erat dengan mahalnya harga baterai. Selain itu, biaya perawatan dari mobil listrik juga tergolong besar,terutama pada penggantian baterainya. Baterai pada mobil listrik tersusun dari banyak sel yang dalam kenyataannya, pemakaian sel-sel tersebut terjadi secara tidak merata, sehingga perlu dilakukan penggantian sel yang sudah rusak, hal ini harus dilakukan secara periodik sehingga dapat mempertahankan jarak tempuh kendaraan. Selain itu mobil listrik juga mempunyai jarak maksimum yang jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan mobil bahan bakar. Pengisian baterainya juga membutuhkan waktu yang relatif cukup lama.

0 komentar:

Posting Komentar