Tips Belajar yang Sehat



Hai sobat-sobat dunia belajar….!
Lagi pada sibuk ngapain nih……?. Em, klo pelajar berarti sibuk belajar ya.. he…3x. Tapi apakah belajar kamu udah bener-bener sesuai?. n apakah kalian udah bisa dengan mudah menyerap ilmu dengan cara belajar kalian?. Kali ini saya punya tips-tips biar kita bisa menikmati belajar dengan santai, fun tapi langsung top, he…3x.
Berikut langkah-langkahnya….
1.    Berdoa
Berdoa merupakan hal yang sangat religious, tapi dengan berdo’a kita akan memiliki dorongan untuk mengerjakan sesuatu yang akan kita kerjakan.

2.    Kemauan
Kita harus memiliki kemauan yang kuat untuk belajar, karena jika kita tidak mempunyai kemauan, sangat impossible kita bisa belajar dengan tenang

3.    Motivasi   
Motivasi sangat berpengaruh penting dalam diri kita, terutama motivasi dari diri kita sendiri. Motivasi dari orang lain juga penting lho, apalagi dari sang kekasih, karena itu yang punya pacar, jangan hanya diajak jalan terus tapi diajak belajar bareng aja, he…3x

4.    Mengatur Waktu
Mengatur waktu sangat penting penting, karena dari situ kita bisa mengatur waktu kita, kapan kita harus membaca buku, mengerjakan PR, membuat ringkasan, diskusi kelompok, dan membuat laporan. Dan kita juga bisa mengerti kapan kita akan melakukan aktivitas lain. So intinya manfaatkan waktumu semaksimal mungkin.

5.    Kembangkan Budaya Membaca
Kebudayaan membaca merupakan kebiasaan yang asing di pemuda-pemuda zaman sekarang. Padahal membaca merupakan striktur yang sangat penting. Karena buku adalah dunia. Tanpa membaca berarti sama saja kita buta, karena nggak bisa melihat dunia. Untuk itu mulailah kebudayaan belajarmu dari sekarang. Kita tidak harus membaca buku pelajaran setiap hari. Tapi bisa kita selingi dengna membaca novel, komik atau majalah. Tapi tetep juga perbandingannya harus 1 : 2


6.    Mendengar dan mencata
Mendengarkan dan mencatat merupakan hal harus kita penuhi dalam kegiatan belajar mengajar, karena selain menghormati guru, kita juga bisa mencatat ilmu yang diberikan guru kita.

7.    Disiplin dan komitmen
Dalam belajar kita harus disiplin,dan berkomitmen. Belajrlah dengan rajin dan tetap istiqomah.

8.    Membuat Target
Membuat target yang harus kamu capai juga merupakan inisatif yang bagus. Tuliskan 100 atau lebih target yang ingin kamu capai. Dan dari situ lihatlah dan pelajari persiapan apa yang harus kamu lakukan. Kejarlah cita-citamu hingga terwujud.
9.    Aktif
Jangan hanya diam di kelas, tapi belajarlah menjadi pelajar yang aktif. Untuk yang pada kuliah kita bisa mengikuti organisasi-organisasi yang tersebar luas di kampus kita.
10.    Menjaga Kondisi
kita harus menjaga kondisi kita mulai dari kesehatan, kondisi lingkungan belajar dan lain-lain. Apalagi yang sekarang jadi anak kost. Kita harus belajar mengatur waktu dan menjaga kondisi tubuh kita dengan baik-baik.
11.    Tawakal
Kalau semua sudah terpenuhi, kini saatnya kita untuk bertawakal, serahkan semua kepada Sang Pencipta. Dan tetaplah optimis, karena semua aksi pasti ada reaksinya. Itulah kata guru kimia yang mengajarku semasa SMA he…3x.
Nah sobat itu tips-tips dari saya. Karena kalian sudah membacanya saya ingin kalian berjanji kepada diri kalian sendiri, he…3x. berjanjilah untuk bisa menjadi pelajar yang baik. Bahagiakan orang tua kalian dengan meraih prestasi cemerlang dan sukses dunia akhirat.
Salam 009. Selamat belajar…….!!!

1 komentar:

  1. Nice info sob, makasih atas resep-resepnya, semoga semua pelajar di Indonesia bisa mempraktekkannya dan menghasilkan SDM yang berkualitas, amiien..

    BalasHapus